Tidak Ada Kekurangan, Hanya Keunikan dan Kelebihan

Salam Hebat, Luar Biasa….
Saya awali artikel kali ini dengan sebuah cerita yang sangat menginspirasi bagi saya, semoga juga menginspirasi bagi anda.
Diceritakan ada 2 buah ember yang setiap hari dipakai untuk mengambil air dari sungai untuk dibawa ke rumah diatas bukit yang begitu indah. Kita sebut saja ke-2 buah ember dengan nama Ember Toni dan Ember Tono. Suatu kali ember Tono berkata pada dirinya mengapa tubuhku reta-retak sedangkan Toni masih utuh dan kuat untuk mengambil air, aku tak pernah membawa air sebanyak Toni untuk sampai kerumah, air ku selalu jatuh menetes di jalan. Ember Tono begitu jengkel dengan dirinya sendiri hingga suatu hari dia tidak ingin lagi mengangkut air. Lalu berkatalah si empunya ke-2 ember ini “ Biarpun kamu retak, pecah, dan tak bisa mengaut air sampai ke rumah lihatlah jalan yang telah kita lalui selama 5 tahun ini, jalan yang kamu lalui begitu indah dan penuh dengan bunga yang mekar, bunga itu bisa tumbuh begitu segar karena tetesan airmu yang jatuh setiap hari saat kita berjalan dari sungai menuju rumah.” Lalu berpikirlah ember Tono yang retak ini “YA, biarpun aku retak, pecah dan tak sempurna aku bisa memberi kehidupan bagi bunga-bunga dan tanaman dijalan yang aku lewati, Aku memang mempunyai kekurangan tetapi ada kelebihan di balik kekurangan ku.” Akhirnya ember Tono ini semakin percaya diri bahwa keberadaanya sangatlah berarti.

Saudara dan sahabatku, apa yang anda ambil dari kisah singkat diatas? Kisah itulah yang mengispirasi saya sampai hari ini, dan saya ingin berbagai kepada teman-teman tentang apa yang saya dapat dari kisah tersebut.

Manusia diciptakan secitra/ sesuai dengan gambaran Allah. Anda setuju? Saya yakin anda setuju. Allah adalah sempurna maka ciptannya pastilah sempurna. Tetapi kita sering menganggap ada kekurangan/ cacat/ kelemahan dalam diri kita. Seperti cerita ember yang retak tadi, lalu apakah makna dibalik kelemah kita?

Dalam artikel saya kali ini saya menuliskan 3 makna dibalik kelemahan/ kekurangan kita, ini saya ambil dari pengalaman dan hidup saya juga dari hidup teman-teman yang pernah berbagi bersama saya :

1. Kelemahan sebagai Keunikan
Setiap manusia diciptakan tidaklah sama, bahkan kembar identik pun pasti ada perbedaan. Inilah yang sebut unik. Kelamahan pun juga begitu, tidak semua orang memiliki kelemahan yang sama. Inilah yang seharusnya menjadi tanda/ciri khas baik bagi seseorang. Kita yakin dan percaya tidak ada satu orang pun didunia ini yang bisa meniru kita. Misalnya saya, banyak orang menganggap orang yang tidak bisa bicara “R” adalah kekurangan, tetapi bagi saya itulah ciri khas saya.


2. Kelemahan sebagai Penyempurna
Kalau setiap manusia diciptakan dengan kelemahan dan kelebihan maka haruslah saling melengkapi agar sempurna. Ada orang yang tidak bisa melihat, maka ada orang yang menuntunnya, itulah maksud saya kelemahan sebagai penyempurna karya Allah agar satu sama lain saling mengasihi dan melengkapi.

3. Kelemahan sebagai Anugrah
Kelemahan dan kelebihan berasal dari Tuhan maka haruslah kita menyebut dan menamainya sebagai Anugrah dari Tuhan yang harus kita manfaatkan sebaik-baiknya.

Sahabatku yang luar biasa,
Mulai saat ini marilah kita ubah persepsi kita terhadap kekurangan dalam diri kita. Kelemahan yang kita miliki adalah kelebihan yang belum terlihat. Maka marilah kita mencintai diri kita dan semoga dengan kelemahan kita menjadikan hidup kita semakin benilai bagi orang lain.



Salam Sukses,
Andy Pratama
Keep Serving, With Heart
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 comments: on "Tidak Ada Kekurangan, Hanya Keunikan dan Kelebihan"

Posting Komentar